Tokoh-Tokoh Neoklasik
Kalian tau ngak sih bahwa Aliran
sastra arab modern ini muncul tahun kedua abad 19 dan yang menjadi tokoh
pelopornya adalah Mahmud Sami al-Barudi. Disamping itu Rifaa’h Tahtawi yang
telah memberikan konstribusi yang besar terhadap berkembangnya bentuk prosa
jurnalistik modern.
Dari
berapa usmber yang say abaca ada beberapa Fenomena kemunculan pemikiran
neoklasik sebagai gerakan Arab memiliki peranan penting dalam sejarah Arab
modern. Aspek yang menonjol dalam aliran ini adalah secara sekilas tidak nampak
terlalu modern aliran barudi di karakteristikan sebagai yang tidak terlalu
banyak memiliki inovasi pada tehnik pengungkapan kepenyairannya. Tidak seperti yang
banyak dimiliki pada penyair post klasik yang banyak di ikuti penerus
sesudahnya. Ini artinya perubahan pada sastra selama tahun pertama abad ke 19
pra penyair mesir banyak di pengaruhi oleh tradisi-tradisi penyair post klasik
yang cendrung mementingkan bentuk, makna, dan arti. para
penyair Neo Klasik ini tidak tunggal dan padu. Ada penyair yang meniru pola
klasik dan tidak menambahkan inovasi sedikit pun, namun ada juga yang
menambahkan dengan pola pengalaman subjektif, membuat bentuk inovasi baru, dan
ada yang mendekati aliran romantik.
Tokoh – Tokoh neoklasik
-
Khalil Mutran (1872―1949)
Khalil Mutran adalah penyair kelahiran Lebanon yang kemudian
tinggal di Mesir. Namun sebelumnya, ia sempat tinggal lama di Prancis dan
banyak mempelajari bidang keilmuan dan sastra Prancis. Khalil mutran dianggap
sebagai tokoh repsentatif puncak aliran neoklasik ini. Diwan antologi puisinya
yang ditulis penuh dengan kasidah-kasidah patriotik, politik dan curhatan hati.
Untuk kasidah-kasidahnya tentang cinta sangat dekat dengan aliran romantik yang
sedikitnya banyak mengekspresikan pengalaman-pengalaman pribadi seputar cinta,
kenangan masa kecil , sejarah jamannya, impiaan-impiaan manusia, keadaan sosial
dan derita masyarakat masanya. Secara global ada beberapa karakteristik puisi
aliran ini, secara ringkas dan sederhana karekteristik puisi pada aliran neoklasik
sebagai berikut:
1. Para penyair
mengangkat tema-tema puisi arab klasik tetapi juga mengusung tema-tema baru
dengan cara merespon tuntutan zamannya. Seperti tema patriosm, tema sosial
2. Ada beberapa
penyair yang mengakui pola qasidah klasik dengan meletakan atlal dan ghazal
diawal dan ada yang mengabaikan pembukaan semacam ini sehingga dalam puisinya
nampak ada kesatuaan tematik dan berjudul terutama puisi syauki, hafidz dan
mutran.
3. Larik tetap merupakan kesatuaan makna dan
seni, sedangkan qasidah semacam ini belum bisa mewujudkan satu kesatuaan
struktur karya yang otonom.
4. Refrensi kasidahnya adalah kamus puisi arab
klasik tetapi ada beberapa penair yang mengambil dari kata-kata baru dari
realitas kehidupan yang ada
5. Aspek didaktis dan etis sangat mendominasi
6. Sejumlah penyair mencoba menandingi
puisi-puisi popular arab klasik dan meniru tema, metrik dan rimanya
7. Para penyair
terpaku pada sejarah arab dalam menyusung temanya
8. Para penyair
pada aliran ini tidak tunggal dan padu; ada yang meniru pola klasik dan ridak
menambahkan inovasi sedikitpin, ada yang menambahkan dengan pola pengalaman
subjektifd,ada yang membuat bbentuk inovasi baru, dan ada yang mendekati aliran
romantik.
9. Ada penyair yang mengangkat tema baru tetapi
dengan style lama
Referensi
; “ dikutip dari jurnal “perkembangan uisi arab modern karya : Taufiq A Dardiri
#AYO KULIAH DI UIN RADENFATAH
Komentar
Posting Komentar